Awali Dengan Makanan Berenergi

Written By komlim puldel on Kamis, 07 Juni 2012 | 23.10

Awali Dengan Makanan Berenergi Bila Anda sering merasa kelelahan dan tidak hilang dengan istirahat atau tidur, bisa jadi Anda mengalami sindrom lelah kronik. Kondisi ini bisa disebabkan oleh penyakit fisik, seperti anemia, diabetes atau ketidakseimbangan tiroid.

Penyebab lain dari sindrom kelelahan ini adalah depresi, stres, gangguan tidur, kurang olahraga, terlalu banyak olahraga (overtraining), dehidrasi, gangguan pola makan, serta infeksi bakteri.

Bila tidak ditemukan adanya gangguan penyakit, sindrom mudah lelah ini bisa diatasi lewat perubahan gaya hidup, seperti berolahraga teratur, mengurangi stres, cukup tidur, mengurangi kafein, serta mengubah pola makan.

Perubahan pola makan yang disarankan adalah:
- Meningkatkan cadangan energi
Untuk menyuplai energi yang dibutuhkan oleh tubuh, konsumsi kalori sesuai dengan tingkat aktivitas. Bila Anda termasuk pria workaholic, Anda butuh minimal 2.200 kilo kalori per hari, sedangkan wanita 2000 kkal.

- Fluktuasi kadar insulin juga bisa menyebabkan perubahan mood dan rasa lelah. Untuk mengatasinya, cobalah mengubah pola makan Anda dari tiga kali sehari menjadi lima kali, namun dalam porsi kecil. Pilih karbohidrat dengan indeks glikemik rendah, seperti beras merah atau sereal.

- Bila Anda penggemar olahraga dengan intensitas tinggi, pastikan kebutuhan protein Anda cukup. Rata-rata kebutuhan protein pada wanita adalah 120-150 gram. Sedangkan pria butuh 180-250. Meski demikian, makanan berprotein tinggi umumnya juga tinggi lemak. Karena itu. Anda bisa mengganti daging atau susu dengan ikan dan mengurangi penggunaan lemak saat proses memasak.

- Minum cukup air setiap hari atau sekitar 10 gelas.

- Konsumsi lima jenis buah segar setiap hari.

- Hindari makanan yang kaya gula karena makanan jenis ini akan memperburuk rasa lelah.

- Pada umumnya makanan atau minuman suplemen penambah tenaga mengandung vitamin B kompleks. Anda bisa memenuhi asupan vitamin ini dari berbagai jenis makanan, seperti roti, padi-padian, hati, daging, telur, susu, serta buncis Awali Dengan Makanan Berenergi.

Anda sedang membaca artikel tentang

Awali Dengan Makanan Berenergi

Dengan url

http://staminaenergi.blogspot.com/2012/06/awali-dengan-makanan-berenergi.html

Anda boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya

Awali Dengan Makanan Berenergi

namun jangan lupa untuk meletakkan link

Awali Dengan Makanan Berenergi

sebagai sumbernya

0 komentar:

Poskan Komentar

techieblogger.com Techie Blogger